Apa kabar para pecinta dunia racing di manapun anda berada. Pada kesempatan kali ini saya akan membagi sedikit ilmu tentang Perbedaan karburator racing dan Tips memilih karburator yang baik.Bagi penyuka kecepatan, karbu ini cocok untuk harian maupun balap drag motor bebek 105-125cc maupun kelas skutik bore up hingga 200 cc karena kemampuannya untuk direamer menjadi 31mm dan Sangat cocok untuk yang menginginkan top speed dan turing dalkot maupun lukot.
Ciri-cinya :
PJ Oval 34mm slide ini sangat cocok untuk ATV & Motocross.
-skep oval dan berlapis krom
-ukuran skep lebar mnambah tenaga di Putaran rendah ke Putaran tengah.
-mudah setting basah dan kontrol kecepatan
-spare part pj mj mudah dicari.
-tersedia ukuran venturi 34 mm
-bensin boros walaupun sudah disetting irit sekalipun.
Ciri-cirinya :
-performa bagus di putaran bawah keatas
-walaupun sudah disetting irit ,karbu ini tetep boros,atau ga bisa ngirit
-skep semi flat bentuk skep (D)dengan lapisan chrome
-spare part mudah dicari
-ada rangkaian quads vent untuk mengurangi tenaga drop saat udara melewati venturi
-cocok untuk moto cross dan road race
Karbu FCR ini bentuknya memang beda dari karbu pada umumnya, soalnya karbu ini sudah termasuk karburator yang penyetingannya perlu keahlian khusus. Harganya pun juga tidak murah sekitar 5-6 juta rupiah sob, jadi ya reviewnya masih sedikit.
Karakteristik karbu FCR
Karbu ini direkomendasikan untuk road race,
FCR Horisontal digunakan utk mesin tegak, FCR Downdraft digunakan untuk mesin tidur.
D= K x √ (CxN)
Dimana
D = diameter venturi karburator
K = Konstanta (nillainya ada di antara 0.6 - 0.9, untuk motor harian disarankan 0.65)
C = CC mesin dalam liter
N = RPM puncak tenaga yang di inginkan
Contoh 1 :
Sepeda motor Yamaha Vega ZR 115 cc di bore up menjadi 150 cc dengan sebesar RPM 9000
maka rumusnya
D= K x √ (CxN)
D= 0.65 x √ (0.150 x 9000)
D= 0.65 x √ 1200
D= 0.65 x 36.74234
D= 23.882521
Contoh 2 :
maka rumusnya:
D= K x √ (CxN)
D= 0.65 x √ (0.135 x 13200)
D= 0.65 x √ 1782
D= 0.65 x 42.2137418
D= 27,4389322
Karena susah untuk mencari karburator dengan ukuran 27,44 maka menjadi Venturi PE 28
Jadi karburator yang cocok untuk Vega ini adalah karbu Keihin PE24/Mikuni TM24/PWK24.
Jika ditarik dari semua kesimpulan diatas, maka dari beberapa jenis karburator diatas maka kita dapat mengetahui bahwa meskipun karburator kecil bukanlah sebuah masalah, yang terpenting adalah seting dan pemilihannya yang pas sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi mesin. jangan lupa ya baca cara setting karburator PE,PWK,FCR
Sekian, semoga ilmu ini bermanfaat bagi anda.





No comments:
Write comments