Masih teringat siang itu, panas, terik mentari meninggi dan gerah udara surabaya. Alkisah abunawas, eh.. kita mau berangkat men-set up motor, sudah siap-siap nih mengeluarkan kereta-kereta bayi, halah… keliru. Ngomong motor aja kok kereta hehehe… bawa kunci-kunci dalem tas, kunci L, kunci Ring, Kunci Pas, Kunci T, Kunci Y, Kunci satu bengkel dibawa (mau nyeting opo pindahan) hehehe… Trus indra menyahut : “Lupa Laptop e keri bos…”, “Walah, bawa laptop mau nyeting CDI ta rek?!”, disahuti lagi “Gak boss… buat main solitare. Huahahah..!”, “Guaplek gayamu rek… hahahha”
Maklum bengkelnya di desa, jadi kalau mau setting harus ke luar desa biar ga dilempar sandal ama ibu-ibu yang asyik nggosip hehehe.. dandan kaya mau perang nih ceritanya udahan hehehe… cari daerah rawa-rawa (lho, perang beneran…) cari ada jalan-raya yang sepiiii… kaya kuburan (mungkin lebih sepi, hantu aja takut kali ke tempat kita setting, wong sepi banget) mungkin, kalo kita jatuh juga ga ada yang peduli, saknoe… tempat favorit nyeting di daerah sawah-sawah nan hijau, menikmati udara segar aroma racing fuel sambil memandang padang padi yang mulai menguning oh indahnya desaku nan kucinta…
Begitu pagar bengkel mau ditutup, (krieettttt… pager tuek rek, karaten) dari kejauhan terdengar gemuruh suara knalpot : “Bub Bub Bub Bub Bub…!!” (udah mirip Suara motor di iklan oli itu belum ya?) Datanglah dua Yamaha Scorpio Riders. Ampun, gede-gede, gagah-gagah… dengan sedikit takut-takut kita tanya, “Ya mas, Ada yang bisa di bantu mas..?”, sang pengendara turun, buka helm, langsung cari ” Mas Swega ya?! “, hiaaa… ada apakah gerangan, “saya mau port-polished mas…” kata sang pengendara Scorpio itu. Oalah boss, ngomongo ta, heheheh Alhamdulillah kalo gitu dapet saudara baru nih Monggo mampir mas.. gak jadi nyeting malah semua motor ngandang lagi. Balik Kanannn… Gerak! Kekekkeke…
Brother D. (Big D) curhat neh, dia tuh hobby turing untuk melepas penat (kok gak hobby balap bos, lak bisa bikin motor balap disini boss hehehe) kebetulan kalau turing tuh bersama saudara-saudaranya yang juga pengendara Scorpio Z, warna merah punya Big.D , warna biru punya Om. H, dan si hitam ini yang jadi misteri katanya paling kenceng dan suka ngasepin sodara-sodaranya, batin saya mungkin komeng nih yang naik kok kayaknya wazzz wussszz banget naik motornya wkwkkwkw… Coba kalo mereka rukun, scorpio merah, hitem, biru bergabung : Tetereterettt… jadilah power ranger Hahhaha… ketoro tuek, nontone pas cilik power ranger. Gak keren mas, yang musim sekarang TRANSFORMER. Walah mboh boss ketinggalan jaman nih..
Hmmm.. satu hal yang kami salute : Brotherhood yang mereka miliki, benar-benar mangstab! Selamat datang di rumah kami bos. Langsung suguhan utama kami keluar, tara… mbak wiwid yang ayu (tokoh siapa lagi ini hahahha) membawa kopi hitam ala R.A.T, Sang boss pemilik motor geleng-geleng. Glodak! Ealah arek’e gak seneng ngopi to, dasar emang rejeki kita, tumben2an minum kopi gak ngaduk sendiri kopi langsung di seruput dewe tanpa malu wkkwkwkw… Sukanya apa omm…?! Ohhh… Teh, baiklah kita bikinin dulu teh-nya. Keluar lagi mbak wiwid membawa teh satu jerigen (lebay…) hahahaha…
Baik kita bicara serius. Pengennya gimana nih…? Ternyata Big D, memiliki cita-cita gak muluk2 : cuma ingin scorpionya bisa lari 140 kpj dengan berat badan doi… Hmmm… Baiklah kita ukur tinggi badan, berat badan, lingkar dada, lingkar lengan, hus hus… lha opo kita penjahit!? hahhaha… penjahit mesin iya Baik! Sanggup bos, hanya gak mungkin kalau cuma port polish aja. Harus pasang jet turbo, hahaha.. guyon. Sebaiknya kita main step by step aja, headwork stage 1 dulu, nanti dirasakan bedanya, baru lanjut ke spec-spec sing luwih kejam, nggih nopo nggih..?!
Lalu dengan yang biru, bagaimana? Oohhh.. ternyata Om. H cuma mau pasang kaliper cakram belakang.. ealah. Gak asik rek! Dengan berbisik pelan… kami hembuskan nada : “apa tidak di porting sekalian ta ommm… ?” Whuusss… Whuusss… hasutan bisikan surga untuk memodif mesin pun perlahan-lahan merasuk gendang telinga. “Jangan ragu, dan jangan takut. tidak ada waktu untuk meragu.. bayangkan nikmatnya gas poll..!!” Clingg… akhirnya setelah menjelaskan : Bahwa dengan melakukan modifikasi engine port-polished , reliabilitas mesin tidak akan terpengaruh, artinya mesin tidak jadi cepet rusak, bahan-bakar juga tidak tambah boros malah justru lebih irit, karena yang kita kembangkan adalah efisiensi volumetrik dan dengan peningkatan tenaga, gas tidak lagi perlu dipuntir lebih dalam, jadi di gas dikit langsung zuuuuttt… lah sing di gonceng nggeblak !! Hehehehe…
Setelah detik-detik menegangkan : deal or no deal, akhirnya jawaban mereka : DEAL! Yeah… semangat langsung, kita minta kunci kontak, stnk, Bpkb ga ada skalian bos… hehehe Langsung kita panggil taxi buat mengantarkan si boss kembali pulang. Hehehe semangat nek suruh ngusir orang. Kekekke…
Waktu si empunya motor sudah pulang, langsung nih ngajak si Indra buat tantangan nyeting dulu mesin standardnya.. Hmmm, top speed padahal dah lumayan lho bisa 130 kpj, tapi aku naik si merah masih di tinggal yang biru, gantian balas dendam naik yang biru eh… jeketek malah ditinggal jauh ama yang merah, hahaha… tas pinggangku ini ngganjel mungkin yang berpengaruh haahhaha.. Anteb! Tapi kayanya udah pas nih simulasinya, supaya cocok setingan mesin dengan berat badan ridernya, hahaha.. alasan!
Waktunya bongkar-bongkar jeh! Sambil ngumeki mesin, sambil liat2. wiihhh… accesorries nya rek, pake full V-Max (opo iku, terkenal ta?! hehehhe gak ngerti -polos-) spion KOSO, lhe alah pabrik iki ngetokno spion tibake rek.. Katanya si Yunus ni spion mahal, bisa ratusan ribu sebiji. Oalah… la lapo gak dipake beli karburatornya aja ya, byuh byuh byuh… dibuat beli pecel mak di pagi hari dapet banyak tuh hehehe.
Selesai mbongkar mesin, tiba-tiba : Halhadalah, Surprise! Hehehe.. biasa aja ding. Mesinnya item semua, ruang bakar gosong, klep gosong-gosong -keborosen- porting gosong, piston gosong. Hehehhehe… welek cak pokoke.
Haiikk… dengan semangat 2009 (modern dikit gitu loohhh) kita langsung bongkar, cuci bersih, poles pake silikon, lho lho… cuci motor apa piye.. hehehe.. salah, kita bersihkan mesin pakai pertamax plus, gak pakai air sabun atau bensin, sorry ya ga level heheheeh, bengkel katrok tapi congkak, kyakakakak… nyuci mesin aje pake pertamax plus huahhahaha… Sombong…! padahal ini ya ngambil dari tangkinya si Om… (upzzz ketauan) permisi ya om, amit… minta dikiiiittt… sorry!!
Betzzz… ambil klep in, sett.. kita ukur, set… dihitung perkaliannya, set… ternyata ketemu sekian, Oalah, tiba’e ukurannya sebesar klep Exhaust. Jadi temen2 kalo mau bikin porting ingat RAT ya, pake patokan klep api nya aja, anti repot… untuk geometri, dan bagian2 mana yang boleh diporting dan haram kena porting, bagian mana untuk mengatur “nafas” motor, bagian mana yang harus dimodifikasi untuk mencegah motor tersedak saat keluar tikungan, bagian mana yang harus 100 % diameter klep inlet, masih dikantongi dulu.. hehehe..
Langsung jojohkan klep ex aja ke dalam porting in, eittzzz gak sedeng, wajar wong masih virgin… lha kalo tembus, wah… tidak wajar, mending jangan digedein tuh porting, malah gak karu2an nantinya bismillahhirahmannirrohim… dengan ini saya porting lubang masuk sebesar 28.5mm, dengan bor tune foredoom dibayar nanti belakangan. Sah?! saksi? Sah.. oke… Gradak!!! Zuungg… Kletuk.. walah mata bor e pedhot… terlalu seru nginjak pedal gas bor tunernya (serius ada pedal gas nya, sayang kopling dan rem ga ada heheheh) lupa tekan abis gas poolll… eh pas tembus 20.000 RPM, langusng dass.. kena limiter! Patah deh batang bor tuner nya. Akhirnya starter vespa, treng teng teng tereng.. Ngroonggg.. ngebut cari mata bor tuner. Yah, demi saudara, gapapa lah.. meski belum apa2 udah tekor, hehehe…
Oke, ffiuuhhh capek juga setelah 2 hari dihajar ama cylinder head scorpio… wah kita bikin porting apa bikin seni ukiran ya hahahha… maklum namanya bikin sebuah State Of The Art alias karya seni itu butuh ketelitian dan kesabaran, terutama ilham tidak selalu Yang Lebih Cepat Lebih Baik, penting bagaimana kita Melanjutkan perjuangan, konsisten, tidak grasa-grusu, dinikmati ajalah prosesnya Ngopi dulu, ngisep Star Mild dulu, porting lagi ke bagian2 yang sulit. Kalo bagian yang gampang-gampang aja yang diporting trus bentuk kaya kerucut makin menyempit ke dalam mah ketinggalan jaman bung, katrok :p Huahahah.. gpp jadi wong katrok itu malah ngrejekeni
Hitung lagi kompresinya… bagaimana cara kita meningkatkan rasio kompresinya. Simple, sama R.A.T itu ga ada repot, semua demi rakyat, modif mesin murah adalah salah satu program kami, jadi pilih kami jadi presiden pada tanggal 8 nanti… hahahhaa, pas tanggal 8 malah mau diajak turing ni sama temen2 scorpio Kalo bisa cara naik kompresi gak usah mahal2, gak perlu keluar uang, wis kurang opo coba, cukup berkorban keringet, lepas paking cylinder head nya, betzzz sisain 1 lembar yang tebelnya hampir 1mm itu. Apalagi big D dan om H sudah mengisi scorpio nya dengan pertamax plus. Wes gak takut ama musuh utama rasio kompresi : detonantion.
Lihat itu diatas adalah gambar desain porting, bikin permukaan terlihat lembuutt, indah, tapi kalo diraba tetep terasa kasar, begitu mas… mosok gak iso, rek?! Masa pake tanya habis diporting gimana cara numbuhin jerawat2 di dalem portingnya lagi… krik..krik..krik.. (suara tangan garuk-garuk rambut) bisa jerawatan muka kita kalo ditanyain kaya gitu, hehehe.. stress berlebih bisa menyebabkan wajah menimbulkan minyak berlebih. Jerawatan deh akhirnya muka kita, bukan portingnya. Giamana kalo portingnya kita bikin stress…? biar berminyak – trus jerawatan
Teliti dengan jeli, porting Exhaust juga, karena nih berhubungan dengan nafas mesin. Ukuran idealnya adalah 100 % dari diameter klep, bentuk D-Shaped lebih bagus. Jangan lupa dipolished mengkilat, kaya kaca, pake cairan khusus supaya arang karbon sisa gas buang tidak mudah menempel di area porting yang justru nantinya bakal menghambat velocity ke leher knalpot.
Sudah paham…? Sudah merasa puas…? Kami belum lemas tuh, jadi anda jangan puas dulu Ternyata setelah punya saudara-saudaranya kelar, sang empunya scorpio hitam, alias Mas. T, akhirnya datang juga ke R.A.T… welcome home brother! Maaf teh atau kopi habis, hahahah kacian deh lu telat
Pertama sih cuma mau Tune Up plus Engine Carbon Cleaner, wooo… ngetes nih ceritanya hehehe… lama-kelamaan di R.A.T akan membuat anda tertarik pada indahnya dunia modifikasi mesin. Modif mesin kalau mekaniknya gak lucu2 malah bikin stres.. wong wis rupane mekanike katrok, gak enak diliat, galak pisan. Wis, sopo sing gelem dolan rek… hehehe Tapi tenang, di R.A.T semua ramai dan lucu, kecuali kalo lagi patah hati, nyekukruk semua Pelayanan ramah kepada konsumen adalah keinginan kami, oleh karena itu disini juga ada pijat plus2nya, halah… ngarang!! Hush! Hehhehe… cuma es teh manis ama kopi kalau mau, gak masuk dalam nota kok
Lanjutt… Bagaimana dengan si Hitam? Kami gak mau garap monoton, itu-itu aja. Because we are R.A.T! Apa lagi mas, yang bisa diterapkan? Hi velocity porting yang jadi trend fashion porting kami di 2009 kami keluarkan dari gudang untuk diaplikasikan pada porting scorpio hitam. Yeaahhh… Bonek jeh, bondo nekat! Cuek ae apa kata dunia. Arek Suroboyo gitu, kalo gak ekstrem bukan mekanik surabaya lah Sudah berapa banyak bengkel yang menghaluskan porting dengan kertas amplas dan pakai tangan, sudah berapa banyak bengkel yang porting nya mengikuti desain graham bell menggunakan bor tuner, tapi kalau ini… mmm… cuma R.A.T yang bisa diajak gila
Fiiuuhh… selesai? Belum!! Ternyata saudara-saudara pecinta Scorpio ini benar2 kerasukan jiwa modifikasi mesin. Ditawari modif cams, mereka setuju. Wah sayangnya part racing , terutama pir klep racing untuk scorpio belum dapat, jadi grinding cam ini juga ga bisa banyak2… power improvementnya masih moderate lah. Sayang suaranya jadi agak noise, bete dah.. Pir klep, woiii… yang jual pir klep racing scorpio dimana woii… Di surabaya kok gak ada, di telf di jakarta juga ga ada.. Di Jogja?? Don’t know. Buka-tutup klep jadi kurang akurat nih kalo pir klep nya letoy kena tekanan lobe lifter cam.
ENGINE TUNING YAMAHA SCORPIO |
Selesai…? Belum. Ternyata setelah dicoba, topspeed meningkat, akselerasi semakin tajam, cuma hasrat belum terpuaskan. 140kpj sudah lewat. But, we want more…! om H, pun berkonsultasi tentang penggantian karburator apa yang cocok untuk spec mesinnya sekarang. Saya ambilkan buku graham bell : FOUR STROKE PERFORMANCE TUNING, ini om tabelnya, pada halaman 144, ditulis jika kapasitas silinder 225cc – 250cc, rekomendasi karburator untuk tipe mesin semi race : 32mm, untuk maksimum race hingga 12.500 RPM bisa pakai 36mm. Nah, jadi bisa tahu kan motor dengan kapasitas scorpio jika ingin meningkatkan performa bisa pake karburator ber-venturi mulai dari 32mm. Terus, Om H berargumentasi, katanya karburator standard scorpio itu kan vacum, kalo mau ditransformasi jadi karburator skep langsung itu sama dengan karbu 28mm. Akhirnya saya hitungkan, kalao pake karburator 28mm itu cuma supplai power hingga 8200 RPM, dengan konstanta 0.65 dan kapasitas mesin 0.225 Liter. Sedangkan kalau om pake karbu 32mm, bisa delivering power hingga 10.700 RPM, otomatis nafas mesin lebih panjang kan boss. Enak buat touring om, adem di mesin. Lantas merk apa yang dipilih? Itu sih tergantung isi dalam kantong om, seberapa banyak kartu dalam dompet. Kartu opo mas? Kartu remi opo kartu gaple? halah… kuno kabeh. Kartu yang baru itu kartu UNO. hahahhaa… ngomong apa coba… Tapi untuk aplikasi harian tentu tidak rasional beli karburator SUDCO mahal itu, meskipun kita juga pengen kalo om.H beli, tar waktu balap kita pinjem hehehhee.. akhirnya Om. H beli KOSO 32mm. Mantab!
dan kisah masih… berlanjut…
No comments:
Write comments